Kamis, 18 Juli 2013

BIDANG PELAYANAN

Pelayanan BK, khususnya pada satuan-satuan pen didikan dasar dan menengah melaksanakan pengem-bangan/pembinaan dalam bidang-bidang sebagai berikut[1]).
  1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan BK yang membantu siswa/sasaran layanan dalam memahami, menilai, dan mengembangkan  potensi  dan  kecakapan,  bakat  dan  minat, serta kondisi kehidupan yang berkarakter beragama[2]) sesuai dengan karak-teristik  kepribadian dan kebutuhan dirinya secara  realistik.
  2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan BK yang membantu siswa/sasaran layanan dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat, efektif dan berkarakter dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
  3. Pengembangan  kemampuan  belajar,  yaitu  bidang  pelayanan BK  yang membantu  siswa mengembangkan kemampuan belajar sesuai dengan arah minat studinya, berdisiplin, ulet dan optimal dalam rangka mengikuti  pendidikan  pada jenjang/jenis satuan pendidikannya serta belajar  secara mandiri.
  4. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan BK yang membantu siswa dalam   menerima, memahami  dan  menilai  informasi,  serta  memilih  dan mengambil keputusan arah karir secara jelas, objektif dan bijak.
  • Pelayanan BK di luar satuan-satuan pendidikan dasar dan menengah meliputi bidang-bidang yang lebih luas, yaitu bidang pengembangan kehidupan pribadi, sosial, belajar, karir, keberagamaan, kehidupan keluarga, dan kewarganegaraan.
  • Kondisi keberagamaan siswa masih dikaitkan pada agama orang tua, mengingat orang tua masih memegang tanggung jawab atas perkembangan pribadi siswa sesuai dengan tahap perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar