Minggu, 21 Juli 2013

JENIS LAYANAN DALAM PELAYANAN BK

Ada sepuluh jenis layanan dalam pelayanan BK, meliputi :

Jenis Layanan
  1. Layanan Orientasi,  yaitu  layanan BK  yang  membantu siswa memahami lingkungan  baru, seperti lingkungan satuan pendidikan bagi siswa baru, dan obyek- obyek yang perlu dipelajari,  untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran  di lingkungan baru yang efektif dan berkarakter.
  2. Layanan Informasi, yaitu layanan BK yang membantu siswa menerima dan memahami  ber-bagai informasi diri, sosial, belajar, karir/ jabatan, dan pendidikan lanjutan secara terarah, objektif dan bijak.
  3. Layanan Penempatan dan Penyaluran, yaitu layanan BK yang membantu siswa memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di da-lam kelas,  kelompok   belajar,  jurusan/ pro-gram  studi,  program latihan, magang, dan ke-giatan ekstra kurikuler secara terarah, objektif dan bijak.
  4. Layanan Penguasaan  Konten,  yaitu  layanan BK  yang  membantu siswa menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebi-asaan dalam melakukan, berbuat atau menger-jakan sesuatu yang berguna dalam kehidupan di sekolah/madrasah, keluarga, dan masyarakat sesuai dengan tuntutan kemajuan dan berkarakter yang terpuji.
  5. Layanan Konseling Perorangan, yaitu layanan BK yang membantu siswa dalam mengentaskan masalah pribadinya melalui prosedur perorangan.
  6. Layanan Bimbingan Kelompok,  yaitu  layanan BK yang  membantu  siswa dalam pengem-bangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar,  karir/jabatan,  dan pengam-bilan keputusan, serta melakukan kegiatan ter-tentu sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji melalui dinamika kelompok.
  7. Layanan Konseling  Kelompok,  yaitu  layanan BK  yang  membantu siswa dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji melalui dinamika kelompok.
  8. Layanan Konsultasi, yaitu layanan BK yang membantu siswa dan atau pihak lain dalam  memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara dan atau perlakuan yang perlu dilaksanakan kepada  pihak ketiga sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji.
  9. Layanan Mediasi, yaitu layanan BK yang membantu siswa dalam menyelesaikan perma-salahan dan memperbaiki hubungan  dengan pi-hak lain sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji.
  10. Layanan Advokasi, yaitu  layanan  BK yang membantu siswa untuk memperoleh kembali hak-hak dirinya yang tidak diperhatian dan atau mendapat perlakuan yang salah sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar