Minggu, 21 Juli 2013

KEGIATAN PENDUKUNG DALAM PELAYANAN BK

Kegiatan Pendukung

        Enam kegiatan pendukung dilaksanakan dalam pelayanan BK dalam rangka menunjang keberhasilan jenis-jenis layanannya, yaitu:
  1. Aplikasi Instrumentasi, yaitu kegiatan mengumpulkan data tentang diri siswa dan lingkungannya, melalui aplikasi berbagai instrumen, baik tes maupun non-tes.
  2. Himpunan  Data,  yaitu  kegiatan  menghim-pun  data  yang  relevan dengan  pengembangan siswa, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia.
  3. Konferensi Kasus, yaitu kegiatan membahas permasalahan siswa dalam  pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah  peserta  didik,  yang  bersifat  terbatas  dan tertutup.
  4. Kunjungan Rumah, yaitu kegiatan memperoleh data, kemudahan dan komitmen bagi teren-taskannya masalah siswa melalui pertemuan dengan orang tua dan atau keluarganya.
  5. Tampilan Kepustakaan, yaitu kegiatan menyedia-kan berbagai bahan pustaka yang  dapat digunakan siswa dalam pengembangan pribadi, kemampuan sosial, kegiatan belajar, dan karir/jabatan.
  6. Alih Tangan Kasus, yaitu kegiatan untuk memin-dahkan penanganan masalah siswa ke pihak lain sesuai keahlian dan kewenangannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar