Rabu, 31 Juli 2013

INTEGRASI LESSON STUDY DAN CASE STUDY


TABEL.  Integrasi Lesson Study dan Case Study dalam Model Berlajar

LESSON STUDY

PTK MODEL BELAJAR  BERMUTU

CASE STUDY
SIKLUS PERTAMA

SIKLUS PERTAMA

Pembentukan Kelompok Lesson Study (Berbasis MGMP/KKG)

Observasi Awal:
Kurikulum, Penguasaan materi ajar, strategi pembelajaran
Menuangkan hasil observasi dalam tulisan narasi tentang
kondisi pembelajaran (siswa, guru, kurikulum, materi, strategi, dll)
1. PLAN:
Perencanaan pembelajaran (skenario) berdasarkan kondisi kelas dan fokus kompetensi yang ingin capai secara kolaboratif.
-   Skenario (RPP)
-   Perangkat (LKS, media, sumber belajar, instrumen)

1. Identifikasi dan Perumusan Masalah
-     Kurikulum, Penguasaan Materi Ajar, Strategi pembelajaran.
2. Penyusunan Rencana Tindakan:
-     menyusun skenario pembelajaran (RPP)
-     menyiapkan perangkat pembelajaran (LKS, media, sumber belajar, instrumen)
-     Menuliskan proposal singkat



2. DO:
-   Pelaksanaan pembelajaran oleh “guru model” dengan skenario yang telah dikembangkan bersama
-   Observasi pembelajaran oleh anggota kelompok (tim LS) yang difokuskan pada aktivitas belajar siswa, dan merekam fakta/fenomena belajar yang menarik (kapan siswa konsentrasi, kapan tidak konsentrasi, interaksi siswa-siswa-guru-media)

3. Melaksanakan Tindakan (KBM di kelas)
Dilaksanakan oleh guru kelas dengan skenario atau rencana tindakan yang telah dirancang dan dipersiapkan




4. Observasi dan Pengambilan Data
-     Keterlaksanaan rencana tindakan (lembar observasi)
-     Aktivitas belajar siswa (lembar observasi)
-     Penguasaan hasil pelajar (kognitif, psikomotorik, dan afektif?) à Nilai hasil tes, observasi dengan rubrik
-     Catatan anekdotal (hasil pengamatan yang tidak termuat dalam lembar observasi)





Menuangkan hasil pengamatan atau poin-poin temuan dalam catatan anekdotal
3.SEE:
Refleksi melalui kegiatan diskusi (forma)
-   refleksi diri guru model
-   komentar semua pengamat (fokus pada aktivitas belajar siswa, sedikit tentang langkah guru)
-   komentar pengamat ahli (pakar) jika ada (Dosen, Pengawas, KS, yg lain)
-   Revisi skenario berdasarkan masukan dari refleksi (jika diperlukan)
5. Analisis dan Interpretasi Data
-     Kompilasi dan pengelolaan data
-     Analisis data kuantitatif (secara deskriptif atau statistik)
-     Analisis data kualitatif secara deskriptif
-     Menginterpretasi data (membaca/mencermati, menghubung-hubungkan, menarik simpulan)

Menyusun kembali data-data hasil pengamatan dan hasil interpretasi ke dalam narasi yang lebih sistematis

6. Refleksi dan Tindak Lanjut
-     Dilakukan dengan diskusi antara anggota kelompok MGMP/tim peneliti
-     Uraian refleksi dituliskan dalam narasi ilmiah
-     Dipikirkan kemungkinan alternatif/rencana tindak lanjut

Menuliskan uraian refleksi dan rencana tindak lanjut dalam narasi ilmiah

SIKLUS LS BERIKUTNYA
(tergantung waktu atau tercapainya tujuan pemecahan masalah)

Melanjutkan ke siklus berikutnya (jumlah siklus sesuai yang diperlukan atau sesuai dengan waktu yang tersedia)



7. Penyusunan Laporan PTK
Menyusun hasil PTK ke dalam bagian-bagian

Kemampuan menulis dari hasil melaksanakan Case Study diperlukan untuk menuliskan hasil-hasil PTK dalam narási ilmiah
















mabhuko@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar