TABEL. Integrasi Lesson
Study dan Case Study dalam Model
Berlajar
LESSON
STUDY
|
|
PTK MODEL BELAJAR BERMUTU
|
|
CASE
STUDY
|
SIKLUS
PERTAMA
|
|
SIKLUS
PERTAMA
|
|
|
Pembentukan Kelompok Lesson Study (Berbasis MGMP/KKG)
|
|
Observasi
Awal:
Kurikulum, Penguasaan
materi ajar, strategi pembelajaran
|
|
Menuangkan hasil observasi dalam
tulisan narasi tentang
kondisi pembelajaran (siswa, guru,
kurikulum, materi, strategi, dll)
|
1. PLAN:
Perencanaan
pembelajaran (skenario) berdasarkan kondisi kelas dan fokus kompetensi yang
ingin capai secara kolaboratif.
-
Skenario (RPP)
-
Perangkat (LKS, media, sumber belajar, instrumen)
|
|
1. Identifikasi
dan Perumusan Masalah
-
Kurikulum,
Penguasaan Materi Ajar, Strategi pembelajaran.
|
|
|
|
2. Penyusunan
Rencana Tindakan:
-
menyusun
skenario pembelajaran (RPP)
-
menyiapkan
perangkat pembelajaran (LKS, media, sumber
belajar, instrumen)
- Menuliskan proposal singkat
|
|
|
|
2. DO:
- Pelaksanaan
pembelajaran oleh “guru model” dengan skenario yang telah dikembangkan
bersama
- Observasi
pembelajaran oleh anggota kelompok (tim LS) yang difokuskan pada aktivitas
belajar siswa, dan merekam fakta/fenomena belajar yang menarik (kapan siswa
konsentrasi, kapan tidak konsentrasi, interaksi siswa-siswa-guru-media)
|
|
3. Melaksanakan Tindakan (KBM di kelas)
Dilaksanakan
oleh guru kelas dengan skenario atau rencana tindakan yang telah dirancang
dan dipersiapkan
|
|
|
|
4.
Observasi dan Pengambilan Data
-
Keterlaksanaan
rencana tindakan (lembar observasi)
-
Aktivitas belajar
siswa (lembar observasi)
-
Penguasaan
hasil pelajar (kognitif, psikomotorik, dan afektif?) à Nilai hasil tes, observasi dengan rubrik
-
Catatan
anekdotal (hasil pengamatan yang tidak termuat dalam lembar observasi)
|
|
Menuangkan
hasil pengamatan atau poin-poin temuan dalam catatan anekdotal
|
|
3.SEE:
Refleksi
melalui kegiatan diskusi (forma)
-
refleksi diri
guru model
-
komentar semua
pengamat (fokus pada aktivitas belajar siswa, sedikit tentang langkah guru)
-
komentar
pengamat ahli (pakar) jika ada (Dosen, Pengawas, KS, yg lain)
-
Revisi skenario
berdasarkan masukan dari refleksi (jika diperlukan)
|
|
5. Analisis dan Interpretasi Data
-
Kompilasi dan
pengelolaan data
-
Analisis data
kuantitatif (secara deskriptif atau statistik)
-
Analisis
data kualitatif secara deskriptif
-
Menginterpretasi
data (membaca/mencermati, menghubung-hubungkan, menarik simpulan)
|
|
Menyusun
kembali data-data hasil pengamatan dan hasil interpretasi ke dalam narasi
yang lebih sistematis
|
|
6. Refleksi dan Tindak Lanjut
-
Dilakukan
dengan diskusi antara anggota kelompok MGMP/tim peneliti
-
Uraian refleksi
dituliskan dalam narasi ilmiah
-
Dipikirkan
kemungkinan alternatif/rencana tindak lanjut
|
|
Menuliskan
uraian refleksi dan rencana tindak lanjut dalam narasi ilmiah
|
|
SIKLUS
LS BERIKUTNYA
(tergantung
waktu atau tercapainya tujuan pemecahan masalah)
|
|
Melanjutkan
ke siklus berikutnya (jumlah siklus sesuai yang diperlukan atau sesuai dengan
waktu yang tersedia)
|
|
|
|
7. Penyusunan Laporan PTK
Menyusun
hasil PTK ke dalam bagian-bagian
|
|
Kemampuan
menulis dari hasil melaksanakan Case
Study diperlukan untuk menuliskan hasil-hasil PTK dalam narási ilmiah
|
mabhuko@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar