Tindakan
Tegas yang Mendidik
Tindakan
tegas yang mendidik merupakan upaya pendidik untuk mengubah tingkah laku siswa melalui penyadaran
siswa dengan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat dan hubungan
baik antara guru dan siswa
Tindakan tegas yang mendidik (TTM)
adalah upaya pendidik untuk mengubah tingkah laku siswa yang kurang dikehendaki
melalui penyadaran siswa atas
kekeliruan dengan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat dan
hubungan baik antara guru dan siswa. Dengan tindakan tegas yang mendidik itu
guru konsisten terhadap harkat dan martabat siswa, tujuan pendidikan, pengakuan
dan penerimaan, serta kasih sayang dan kelembutan tehadap siswa.
Bentuk interaksi guru dan siswa tentang tindakan
tegas yang mendidik terjadi ketika guru meminta siswa yang duduk paling depan
mengumpulkan buku-buku pustaka yang
dipinjamkan, menghitung kembali jumlah buku tersebut dan mencocokkan dengan
jumlah siswa yang ada. Ketika terjadi perbedaan antara jumlah siswa dengan
jumlah buku yang ada, guru bertanya apa menjadi penyebab kesalahan ini.
Masing-masing siswa kembali diperintahkan untuk mencari tahu dimana buku itu,
kemudian guru memberikan arahan kepada siswa dalam rangka penyadaran siswa
terhadap kekeliruannya., guru menjawab salam siswa, memberi komentar tentang
hasil diskusi kelompok yang disajikan siswa di depan kelas, guru
membimbing dan mengarahkan siswa selama
kegiatan berlangsung, guru memberikan komentar pada setiap penampilan siswa di
depan kelas dengan dan guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tejadi selama
diskusi, guru memberikan penyadaran pada siswa dengan ramah tentang kekeliruan
yang terjadi dalam diskusi., guru menegur siswa yang memarahi temannya yang
salah dalam menjawab kuis, guru bersama-sama siswa membahas hasil kerja kelompok siswa. Guru
menyadarkan siswa atas kekeliruannya bahwa memarahi temannya yang salah dalam
menjawab kuis menjadi tidak benar, interaksi sosial guru adalah menerima keluhan siswa agar tugas kelompok
dikumpulkan 2 minggu lagi, menegur siswa
yang tidak menyimak temannya, memberikan teguran pada siswa yang memarahi
temannya yang salah dalam menjawab kuis, guru bersama-sama siswa membahas
tentang 11 model jaring-jaring yang dikemukakan siswa, membahas kesalahan yang
terdapat dalam penyelesaian tugas-tugas, membahas serta memberi komentar
tentang beberapa peristiwa alam yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik
alam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar