Sabtu, 28 September 2013

Contoh Tindakan Tegas Mendidik, cuplikan.


Tindakan Tegas  yang Mendidik
Tindakan tegas yang mendidik merupakan upaya pendidik untuk mengubah tingkah laku siswa  melalui penyadaran siswa dengan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat dan hubungan baik antara guru dan siswa

Tindakan tegas yang mendidik (TTM) adalah upaya pendidik untuk mengubah tingkah laku siswa yang kurang dikehendaki melalui penyadaran siswa atas kekeliruan dengan tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat dan hubungan baik antara guru dan siswa. Dengan tindakan tegas yang mendidik itu guru konsisten terhadap harkat dan martabat siswa, tujuan pendidikan, pengakuan dan penerimaan, serta kasih sayang dan kelembutan tehadap siswa.
Bentuk interaksi guru dan siswa tentang tindakan tegas yang mendidik terjadi ketika guru meminta siswa yang duduk paling depan mengumpulkan  buku-buku pustaka yang dipinjamkan, menghitung kembali jumlah buku tersebut dan mencocokkan dengan jumlah siswa yang ada. Ketika terjadi perbedaan antara jumlah siswa dengan jumlah buku yang ada, guru bertanya apa menjadi penyebab kesalahan ini. Masing-masing siswa kembali diperintahkan untuk mencari tahu dimana buku itu, kemudian guru memberikan arahan kepada siswa dalam rangka penyadaran siswa terhadap kekeliruannya., guru menjawab salam siswa, memberi komentar tentang hasil diskusi kelompok yang disajikan siswa di depan kelas, guru membimbing  dan mengarahkan siswa selama kegiatan berlangsung, guru memberikan komentar pada setiap penampilan siswa di depan kelas dengan dan guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tejadi selama diskusi, guru memberikan penyadaran pada siswa dengan ramah tentang kekeliruan yang terjadi dalam diskusi., guru menegur siswa yang memarahi temannya yang salah dalam menjawab kuis, guru bersama-sama siswa  membahas hasil kerja kelompok siswa. Guru menyadarkan siswa atas kekeliruannya bahwa memarahi temannya yang salah dalam menjawab kuis menjadi tidak benar, interaksi sosial guru adalah  menerima keluhan siswa agar tugas kelompok dikumpulkan  2 minggu lagi, menegur siswa yang tidak menyimak temannya, memberikan teguran pada siswa yang memarahi temannya yang salah dalam menjawab kuis, guru bersama-sama siswa membahas tentang 11 model jaring-jaring yang dikemukakan siswa, membahas kesalahan yang terdapat dalam penyelesaian tugas-tugas, membahas serta memberi komentar tentang beberapa peristiwa alam yang menyebabkan perubahan lingkungan fisik alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar