I. IDENTITAS
1.1. Jenis Konseling :
Individu /Kelompok
1.2. Nama Siswa /
Klien :
IX.A32 / IX.A.27.
1.3. Pertemuan ke : 1 ( satu)
1.4. Hari / Tanggal :
Senin, 4 Maret 2013
1.5. Masalah :
Perpecahan pada “ Club Dance SMP 2 Jenggawah
II. Data / Informasi Klien
Sumber
Data/ Informasi
|
Isi
Data / Informasi
|
1. Hasil Wawancara dengan W( anak yang dianggap
sebagai ketua Club Dance )
2. Hasil Wawancara dengan SH (Anak yang dianggap
dapat menyuarakan endapat dalaClub Dance )
|
- Sejak SH kelas IX.A masuk menjadi anggota,
awalnya sih berjalan baik sebagaimana mestinya, tetapi lama kelamaan suasana
berubah.
- Saya dianggap oleh SH merebut pacarnya L
kelas IX.B (anggota Club), menyebar luaskan kalau SH pernah aborsi dan
gonta-ganti pacar padahal semuanya ini tidak benar.
- Dan yang paling menyedihkan sekarang
teman-teman pecah, ada yang berteman dengan saya dan ada yang dengan SH, saya ingin kembali
seperti semula.
- Apa yang disampaikan W itu tidak benar, sebenarnya W itu anak yang
bersifat egois/ kardiman, sehingga anak-anak marah karena W tidak mau
diberimasukan kalau latihan bersama.
- Kalau W mau mengbah sikapnya, anak-anak mungkin menerima dan klub bisa kompak seperti
yang lalu.
- Saya juga inginkembali seperti yang dulu,
rukun dan kompak.
|
III.
LANGKAH SINTESIS ( RANGKUMAN DATA ).
1. Gejala yang tampak / menyimpang yang terjadi / keluhan siswa :
W dan SH beserta kawan-kawan bersedih, karena Club
Dance pecah / tidak bisa kompak seperti dulu.
2.Hal-hal yang berhubungan dengasn diri siswa
:
W ( Anak yang
dianggap sebagai ketua club ) dan SH ( Anak yang dapat menyuarakan pendapat anggota) sama-sama punya keinginan
agar Club Dance SMP 2 Jenggawah kompak dan rukun seperti semula.
3.Hal-hal yang berhubungan dengan teman :
Muncul perkotakan teman / gang teman, sebagian
anggota club dance berteman dengan W, sebagian lagi berteman denga SH.
4.Hal-hal yang berhubungan dengan guru /
sekolah :
-Sekolah tetap mendukung Club Dance ini
senyampang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anggota/siswa yang
tergabing dalam club tersebut.
5. Hal-hal yang berhubungan dengan orang tua :
Orang tua juga mendukung tehadap kegiatan ini.
IV.
LANGKAH DIAGNOSIS
Perpecahan didalam Club Dance SMP 2 Jenggawah terjadi karena W (Anak yang dianggap ketua)
sifatnya egois / kardiman dan
kesalah pahaman informasi.
V.
LANGKAH PROGNOSIS
1. Mempertemukan keduanya dalam rangka untuk menyelesaikan
kesalah pahaman informasi.
2. Memberikan bimbingan khusus pada W dalam
rangka perubahan sikap egoisnya.
3. Pertemuan cukup 1 kali.
VI.
LANGKAH-LANGKAH KONSELING :
I. Inti / Materi konseling :
a. Tujuan dan manfaat suatu perkumpulan.
b. Dampak positif dan negaatif dari Club Dance.
c. Hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh W dan
SH dalam Club
Dance.
2. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan pada
Guru, Orang tua, teman siswa : -
VII.
KESIMPULAN / HASIL KONSELING
- W (anak yang dianggap ketua club dance)
telah menyadari atas sikapnya dan berjanji berasaha untuk menerima masukan dari
teman-temannya. Dan menyadari bahwa tuduhan tentang dirinya yang
menyebarluaskan berita tidak benar itu adalaha bohong.
- SH (anak yang dianggap dapat menyuarakan pendapat anggoata) mau menerima
dan akan menyampaikan pada teman-temannya .
- Keduanya saling bermaafan dansepakat
serta berjanji untuk rukun dan kompak
demi kemajuan Club Dance SMP 2 Jenggawah ( Dengan berjabat
tangan ).
VII.TINDAK
LANJUT
Terus
dipantau perkembangannya dan dilaksanakan
konseling tambahan jika masih dirasa belum tuntas
Jenggawah, 04 Maret 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Konselor
M O E A D E, S.Pd Dr. Suko Budiono,M.Pd.,Kons
LAPORAN
KONSELING
I. IDENTITAS
1.1. Jenis Konseling :
Individu /Kelompok
1.2. Nama Siswa /
Klien :
1.3. Pertemuan ke :
1.4. Hari / Tanggal :
1.5. Masalah :
II. Data / Informasi Konseli
Sumber
Data/ Informasi
|
Isi
Data / Informasi
|
III.
LANGKAH SINTESIS ( RANGKUMAN DATA ).
1. Gejala yang tampak / menyimpang yang terjadi / keluhan siswa :
2.Hal-hal yang berhubungan dengasn diri siswa
:
3.Hal-hal yang berhubungan dengan teman :
4.Hal-hal yang berhubungan dengan guru / sekolah
:
5. Hal-hal yang berhubungan dengan orang tua :
IV.
LANGKAH DIAGNOSIS
V.
LANGKAH PROGNOSIS
1.
2.
3.
VI.
LANGKAH-LANGKAH KONSELING :
I. Inti / Materi konseling :
a.
b.
c.
2. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan pada
Guru, Orang tua, teman siswa :
VII.
KESIMPULAN / HASIL KONSELING
VII.TINDAK
LANJUT
Jember,
20...
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Konselor
Sekolah
__________________________________
______________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar