Senin, 29 Juli 2013

CONTOH ALTERNATIF LAPORAN KONSELING

LAPORAN KONSELING

I. IDENTITAS
1.1. Jenis Konseling                                       : Individu /Kelompok
1.2. Nama Siswa / Klien                                 : IX.A32 / IX.A.27.

1.3. Pertemuan ke                                           :  1 ( satu)
1.4. Hari / Tanggal                                         : Senin, 4 Maret 2013
1.5. Masalah                                                   : Perpecahan pada “ Club Dance  SMP 2 Jenggawah

II. Data / Informasi Klien

Sumber Data/ Informasi

Isi Data / Informasi

1. Hasil Wawancara dengan W( anak yang dianggap sebagai ketua Club Dance )







2. Hasil Wawancara dengan SH (Anak yang dianggap dapat menyuarakan endapat dalaClub Dance )



- Sejak SH kelas IX.A masuk menjadi anggota, awalnya sih berjalan baik sebagaimana mestinya, tetapi lama kelamaan suasana berubah.
- Saya dianggap oleh SH merebut pacarnya L kelas IX.B (anggota Club), menyebar luaskan kalau SH pernah aborsi dan gonta-ganti pacar padahal semuanya ini tidak benar.
- Dan yang paling menyedihkan sekarang teman-teman pecah, ada yang berteman dengan saya dan ada yang dengan SH, saya ingin kembali seperti semula.

- Apa yang disampaikan W  itu tidak benar, sebenarnya W itu anak yang bersifat egois/ kardiman, sehingga anak-anak marah karena W tidak mau diberimasukan kalau latihan bersama.
- Kalau W  mau mengbah sikapnya, anak-anak mungkin menerima dan klub bisa kompak seperti yang lalu.
- Saya juga inginkembali seperti yang dulu, rukun dan kompak.

III. LANGKAH SINTESIS ( RANGKUMAN DATA ).

1. Gejala yang tampak /  menyimpang yang terjadi / keluhan siswa :
W  dan SH  beserta kawan-kawan bersedih, karena Club Dance pecah / tidak bisa kompak seperti dulu.

2.Hal-hal yang berhubungan dengasn diri siswa :
W  ( Anak yang dianggap sebagai ketua club ) dan SH ( Anak yang dapat menyuarakan pendapat anggota) sama-sama punya keinginan agar Club Dance SMP 2 Jenggawah kompak dan rukun seperti semula.

3.Hal-hal yang berhubungan dengan teman :
Muncul perkotakan teman / gang teman, sebagian anggota club dance berteman dengan W, sebagian lagi berteman denga SH.

4.Hal-hal yang berhubungan dengan guru / sekolah :
-Sekolah tetap mendukung Club Dance ini senyampang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anggota/siswa yang tergabing dalam club tersebut.

5. Hal-hal yang berhubungan dengan orang tua :
Orang tua juga mendukung tehadap kegiatan ini.

IV. LANGKAH DIAGNOSIS
Perpecahan didalam Club Dance SMP 2 Jenggawah  terjadi karena W (Anak yang dianggap ketua) sifatnya egois / kardiman dan kesalah pahaman informasi.

V. LANGKAH PROGNOSIS
1. Mempertemukan keduanya dalam rangka untuk menyelesaikan kesalah pahaman informasi.

2. Memberikan bimbingan khusus pada W dalam rangka perubahan sikap egoisnya.

3. Pertemuan cukup 1 kali.

VI. LANGKAH-LANGKAH KONSELING :
I. Inti / Materi konseling :
a. Tujuan dan manfaat suatu perkumpulan.
b. Dampak positif  dan negaatif dari Club Dance.
c. Hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh W dan SH dalam Club Dance.

2. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan pada Guru, Orang tua, teman siswa : -

VII. KESIMPULAN / HASIL KONSELING
- W (anak yang dianggap ketua club dance) telah menyadari atas sikapnya dan berjanji berasaha untuk menerima masukan dari teman-temannya. Dan menyadari bahwa tuduhan tentang dirinya yang menyebarluaskan berita tidak benar itu adalaha bohong.
- SH (anak yang dianggap dapat menyuarakan pendapat anggoata) mau menerima dan akan menyampaikan pada teman-temannya .
- Keduanya saling bermaafan dansepakat serta  berjanji untuk rukun dan kompak demi kemajuan Club Dance SMP 2 Jenggawah ( Dengan berjabat  tangan ).

VII.TINDAK LANJUT
Terus dipantau perkembangannya dan  dilaksanakan konseling tambahan jika masih dirasa belum tuntas
                                                                                                 Jenggawah, 04 Maret 2013
                        Mengetahui,
                     Kepala Sekolah                                                                  Konselor





                  M O E A D E, S.Pd                                                  Dr. Suko Budiono,M.Pd.,Kons

LAPORAN KONSELING

I. IDENTITAS
1.1. Jenis Konseling                                       : Individu /Kelompok
1.2. Nama Siswa / Klien                                 :
1.3. Pertemuan ke                                           : 
1.4. Hari / Tanggal                                         :
1.5. Masalah                                                   :
II. Data / Informasi Konseli

Sumber Data/ Informasi

Isi Data / Informasi





















III. LANGKAH SINTESIS ( RANGKUMAN DATA ).

1. Gejala yang tampak /  menyimpang yang terjadi / keluhan siswa :



2.Hal-hal yang berhubungan dengasn diri siswa :




3.Hal-hal yang berhubungan dengan teman :

4.Hal-hal yang berhubungan dengan guru / sekolah :




5. Hal-hal yang berhubungan dengan orang tua :


IV. LANGKAH DIAGNOSIS



V. LANGKAH PROGNOSIS
1.

2.

3.

VI. LANGKAH-LANGKAH KONSELING :
I. Inti / Materi konseling :
a.

b.

c.

2. Hal-hal yang perlu dikomunikasikan pada Guru, Orang tua, teman siswa :


VII. KESIMPULAN / HASIL KONSELING


VII.TINDAK LANJUT





                                                                                                  Jember,                          20...
                        Mengetahui,
                     Kepala Sekolah                                                                  Konselor Sekolah





                 
  __________________________________                            ______________________________




Tidak ada komentar:

Posting Komentar