KOMPETENSI PEDAGOGIK
|
||
1
|
Menguasai teori dan
praksis Pendidikan
|
|
|
1.1 Aplikasi ilmu pendidikan dalam pelayanan
bimbingan dan konseling (BK)
|
|
1.2 Aplikasi landasan keilmuan pendidikan
dalam pelayanan BK
|
||
1.3 Implementasi prinsip-prinsip pendidikan
dalam pelayanan BK
|
||
1.4 Implementasi proses pembelajaran dalam
pelayanan BK
|
||
1.5 Aplikasi landasan budaya dalam praksis
pendidikan dalam layanan BK
|
||
2
|
Mengaplikasikan
perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
|
|
|
2.1 Aplikasi kaidah-kaidah perilaku manusia, terhadap
sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
|
2.2 Aplikasi perkembangan fisik dan psikologis individu
terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
||
2.3 Aplikasi kaidah-kaidah kepribadian, terhadap
sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
||
2.4 Aplikasi kaidah-kaidah individualitas dan perbedaan
konseli terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
||
2.5 Aplikasi kaidah-kaidah belajar terhadap sasaran
pelayanan BK
dalam upaya pendidikan
|
||
2.6 Aplikasi kaidah-kaidah keberbakatan terhadap
sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
||
2.7 Aplikasi kaidah-kaidah kesehatan mental terhadap
sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
|
||
3
|
Menguasai
esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
|
|
|
3.1 Penerapan esensi BK pada satuan jalur pendidikan formal
|
|
3.2 Penerapan esensi BK pada satuan jenis pendidikan umum
|
||
3.3 Penerapan esensi BK pada satuan jenis pendidikan kejuruan
|
||
3.4 Penerapan esensi BK pada satuan jenjang
pendidikan usia dini, dasar dan menengah.
|
||
4
|
Implementasi Pelayanan BK Kurikulum 2013
|
|
|
4.1 Penerapan Kurikulum 2013 dan profesionalisasi BK
|
|
4.2 Implementasi Program BK berdasarkan Kurikulum 2013
|
||
4.3 Pengukuran peminatan peserta didik
|
||
4.4 Pelayanan Peminatan peserta didik secara klasikal, kelompok
dan individual
|
||
4.5 Evaluasi, pelaporan dan tindaklanjut pelayanan peminatan
peserta didik
|
||
KOMPETENSI PROFESIONAL
|
||
1
|
Menguasai
konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah
konseli
|
|
|
1.1 Deskripsi
hakikat asesmen dalam BK
|
|
1.2 Penjelasan berbagai teknik asesmen, dalam pelayanan BK
|
||
1.3 Pemilihan teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan BK
|
||
1.4 Penerapan prosedur penyusunan dan pengembangan instrumen asesmen
untuk keperluan
BK
|
||
1.5 Penyusunan dan pengembangan instrumen asesmen untuk keperluan BK
|
||
1.6 Pengadministrasian asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah
konseli.
|
||
1.7 Pemilihan dan pengadministrasian teknik asesmen pengungkapan
kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.
|
||
1.8 Pemilihan dan pengadministrasian instrumen untuk mengungkapkan
kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan.
|
||
1.9 Akses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan BK
|
||
1.10 Penggunaan hasil asesmen dalam pelayanan BK dengan tepat.
|
||
1.11 Bertanggung
jawab profesional dalam praktik asesmen.
|
||
2
|
Menguasai kerangka
teoretik dan praksis bimbingan dan konseling
|
|
|
2.1 Pengaplikasian hakikat pelayanan BK
|
|
2.2 Pengaplikasian arah profesi BK .
|
||
2.3 Pengaplikasian dasar-dasar pelayanan BK
|
||
2.4 Pengaplikasian pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan
tuntutan wilayah kerja
|
||
2.5 Pengaplikasian pendekatan/model dalam berbagai jenis layanan BK
|
||
2.6 Pengaplikasian kegiatan pendukung BK
|
||
2.7 Pengaplikasian pelayanan BK dalam
format individual, kelompok, klasikal dan lapangan
|
||
3
|
Merancang program BK
|
|
|
3.1 Analisis kebutuhan konseli
|
|
3,2 Penyusunan program BK yang berkelanjutan
berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
|
||
3.3 Penyusunan rencana pelaksanaan program BK
|
||
3.4 Perencanaan sarana penyelenggaraan program BK
|
||
3.5 Perencanaan biaya penyelenggaraan program BK
|
||
4
|
Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif
|
|
|
4.1 Pelaksanaan program BK
|
|
4.2 Pelaksanaan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan BK
|
||
4.3 Memfasilitasi perkembangan akademik konseli
|
||
4.4 Memfasilitasi karier konseli
|
||
4.5 Memfasilitasi perkembangan personal konseli
|
||
4.6 Pengelolaan sarana program BK
|
||
4.7 Pengelolaan biaya program BK
|
||
5
|
Menilai proses dan
hasil kegiatan BK
|
|
|
5.1 Evaluasi proses pelayanan BK
|
|
5.2 Evaluasi hasil pelayanan BK
|
||
5.3 Evaluasi program BK
|
||
5.4 Penyesuaian proses pelayanan BK
|
||
5.5 Informasi hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan BK kepada pihak terkait
|
||
5.6 Penggunaan hasil pelaksanaan evaluasi untuk
merevisi dan mengembangkan program BK
|
||
6
|
Memiliki kesadaran dan
komitmen terhadap etika profesional
|
|
|
6.1 Pemetaan kekuatan dan keterbatasan pribadi dan
profesional
|
|
6.2 Pengelolaan kekuatan dan keterbatasan pribadi dan
profesional
|
||
6.3 Penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan kewenangan
profesional konselor;
|
||
6.4 Penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan kode etik
profesional konselor.
|
||
6.5 Aplikasi prosedur referal
sesuai dengan keperluan
|
||
7
|
Menguasai konsep dan
praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling
|
|
|
7.1 Perancangan penelitian BK
|
|
7.2 Pelaksanaan penelitian BK
|
||
7.3 Pelaporan penelitian BK
|
||
7.4 Pemanfaatan hasil penelitian dalam BK dengan mengakses jurnal pendidikan
bimbingan dan konseling.
|
||
8
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
mengembangkan diri
|
|
|
8.1 Menjelaskan berbagai informasi
terkini sesuai dengan bidang profesinya
|
|
8.2 Mengidentifikasi
berbagai perangkat TIK
|
||
8.3 Menjelaskan
berbagai manfaat TIK dalam pelayanan BK
|
||
8.4 Menggunakan
perangkat TIK dalam pelayanan BK
|
||
8.5 Memanfaatkan
perangkat TIK dalam pengembangan pelayanan BK
|
||
8.6 Mengunakan perangkat TIK untuk
melakukan penulisan dan pengembangan diri
|
||
8.7 Menggunakan perangkat TIK sebagai
sumber referensi penulisan
|
||
8.8 Menggunakan perangkat TIK untuk
mempublikasikan hasil penulisan
|
||
C
|
KOMPETENSI TAMBAHAN
|
|
1
|
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Muda
|
|
|
1.1
Pengelolaan pelayanan BK untuk mendukung prestasi peserta didik
|
|
1.2
Model layanan BK berbasis peminatan menuju prestasi peserta didik
|
||
1.3
Manajemen Berbasis Sekolah
|
||
1.4
Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pemula
|
||
2
|
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Madya
|
|
|
2.1
Pengembangan pendekatan/Model layanan BK
|
|
2.2
Pengembangan Program layanan BK
|
||
2.3
Pengembangan Budaya Sekolah dan Kewirausahaan
|
||
2.4
Kepemimpinan Pendidikan
|
||
2.5
Asesor penilaian kinerja guru BK
|
||
2.6
Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pemula dan Guru Pertama
|
||
3
|
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Utama
|
|
|
3.1
Menulis karya ilmiah hasil penelitian
|
|
3.2
Menulis karya ilmiah bukan hasil penelitian
|
||
3.3
Menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk jurnal
|
||
3.4
Menulis buku pedoman/panduan bimbingan konseling
|
||
3.5
Asesor penilaian kinerja guru BK
|
||
3.6
Manajemen Perubahan
|
||
3.7
Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pertama, Guru Muda dan Guru
Madya
|
Rabu, 09 Oktober 2013
KOMPETENSI YANG HARUS DIUKUASAI GURU BK DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar