Rabu, 09 Oktober 2013

KOMPETENSI YANG HARUS DIUKUASAI GURU BK DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA


KOMPETENSI PEDAGOGIK
1
Menguasai teori dan praksis Pendidikan

1.1 Aplikasi ilmu pendidikan dalam pelayanan bimbingan dan konseling (BK)
1.2 Aplikasi landasan keilmuan pendidikan dalam pelayanan BK
1.3 Implementasi prinsip-prinsip pendidikan dalam pelayanan BK
1.4 Implementasi proses pembelajaran dalam pelayanan BK
1.5 Aplikasi landasan budaya dalam praksis pendidikan dalam layanan BK
2
Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli

2.1 Aplikasi kaidah-kaidah perilaku manusia, terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.2 Aplikasi perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.3 Aplikasi kaidah-kaidah kepribadian, terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.4 Aplikasi kaidah-kaidah individualitas dan perbedaan konseli terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.5 Aplikasi kaidah-kaidah belajar terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.6 Aplikasi kaidah-kaidah keberbakatan terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
2.7 Aplikasi kaidah-kaidah kesehatan mental terhadap sasaran pelayanan BK dalam upaya pendidikan
3
Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan

3.1 Penerapan esensi BK pada satuan jalur pendidikan formal
3.2 Penerapan esensi BK pada satuan jenis pendidikan umum
3.3 Penerapan esensi BK pada satuan jenis pendidikan kejuruan
3.4 Penerapan esensi BK pada satuan jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah.
4
Implementasi Pelayanan BK Kurikulum 2013

4.1 Penerapan Kurikulum 2013 dan profesionalisasi BK
4.2 Implementasi Program BK berdasarkan Kurikulum 2013
4.3 Pengukuran peminatan peserta didik
4.4 Pelayanan Peminatan peserta didik secara klasikal, kelompok dan individual
4.5 Evaluasi, pelaporan dan tindaklanjut pelayanan peminatan peserta didik
KOMPETENSI PROFESIONAL
1
Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli

1.1 Deskripsi hakikat asesmen dalam BK
1.2 Penjelasan berbagai teknik asesmen, dalam pelayanan BK
1.3 Pemilihan teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan BK
1.4 Penerapan prosedur penyusunan dan pengembangan instrumen asesmen untuk keperluan BK
1.5 Penyusunan dan pengembangan instrumen asesmen untuk keperluan BK
1.6 Pengadministrasian asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli.
1.7 Pemilihan dan pengadministrasian teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.
1.8 Pemilihan dan pengadministrasian instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan.
1.9 Akses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan BK
1.10 Penggunaan hasil asesmen dalam pelayanan BK dengan tepat.
1.11 Bertanggung jawab profesional dalam praktik asesmen.
2
Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling

2.1 Pengaplikasian hakikat pelayanan BK
2.2 Pengaplikasian arah profesi BK .
2.3 Pengaplikasian dasar-dasar pelayanan BK
2.4 Pengaplikasian pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja
2.5 Pengaplikasian pendekatan/model dalam berbagai jenis layanan BK
2.6 Pengaplikasian kegiatan pendukung BK
2.7 Pengaplikasian pelayanan BK dalam format individual, kelompok, klasikal dan lapangan
3
Merancang program BK

3.1 Analisis kebutuhan konseli
3,2 Penyusunan program BK yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
3.3 Penyusunan rencana pelaksanaan program BK
3.4 Perencanaan sarana penyelenggaraan program BK
3.5 Perencanaan biaya penyelenggaraan program BK
4
Mengimplementasikan program BK yang komprehensif

4.1 Pelaksanaan program BK
4.2 Pelaksanaan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan BK
4.3 Memfasilitasi perkembangan akademik konseli
4.4 Memfasilitasi karier konseli
4.5 Memfasilitasi perkembangan personal konseli
4.6 Pengelolaan sarana program BK
4.7 Pengelolaan biaya program BK
5
Menilai proses dan hasil kegiatan BK

5.1 Evaluasi proses pelayanan BK
5.2 Evaluasi hasil pelayanan BK
5.3 Evaluasi program BK
5.4 Penyesuaian proses pelayanan BK
5.5 Informasi hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan BK kepada pihak terkait
5.6 Penggunaan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program BK
6
Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional

6.1 Pemetaan kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional
6.2 Pengelolaan kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional
6.3 Penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan kewenangan profesional konselor;
6.4 Penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan kode etik profesional konselor.
6.5 Aplikasi prosedur referal sesuai dengan keperluan
7
Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling

7.1 Perancangan penelitian BK
7.2 Pelaksanaan penelitian BK
7.3 Pelaporan penelitian BK
7.4 Pemanfaatan hasil penelitian dalam BK dengan mengakses jurnal pendidikan bimbingan dan konseling.
8
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri

8.1 Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya
8.2 Mengidentifikasi berbagai perangkat TIK
8.3 Menjelaskan berbagai manfaat TIK dalam pelayanan BK
8.4 Menggunakan perangkat TIK dalam pelayanan BK
8.5 Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pelayanan BK
8.6 Mengunakan perangkat TIK untuk melakukan penulisan dan pengembangan diri
8.7 Menggunakan perangkat TIK sebagai sumber referensi penulisan
8.8 Menggunakan perangkat TIK untuk mempublikasikan hasil penulisan

C
KOMPETENSI TAMBAHAN
1
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Muda

1.1 Pengelolaan pelayanan BK untuk mendukung prestasi peserta didik
1.2 Model layanan BK berbasis peminatan menuju prestasi peserta didik
1.3 Manajemen Berbasis Sekolah
1.4 Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pemula
2
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Madya

2.1 Pengembangan pendekatan/Model layanan BK
2.2 Pengembangan Program layanan BK
2.3 Pengembangan Budaya Sekolah dan Kewirausahaan
2.4 Kepemimpinan Pendidikan
2.5 Asesor penilaian kinerja guru BK
2.6 Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pemula dan Guru Pertama
3
Kompetensi Tambahan Untuk Guru Utama

3.1 Menulis karya ilmiah hasil penelitian
3.2 Menulis karya ilmiah bukan hasil penelitian
3.3 Menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk jurnal
3.4 Menulis buku pedoman/panduan bimbingan konseling
3.5 Asesor penilaian kinerja guru BK
3.6 Manajemen Perubahan
3.7 Melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi Guru Pertama, Guru Muda dan Guru Madya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar