Kamis, 10 Oktober 2013

Makna Manusia Bermutu


Makna Manusia Bermutu
Hakikat individu yang lebih bermutu dalam diskursus pendidikan di Indonesia mengacu pada individu sebagai pribadi yang utuh. Pribadi yang utuh sebagai hasil pendidikan, tertuang secara ideal dalam fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang berbunyi: mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berlrembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan meniadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UURI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas).
Tujuan tersebut memberikan acuan, bahwa seluruh jenjang dan jalur pendidikan di Indonesia seyogianya berupaya untuk mencapai manusia yang cerdas dengan ciri-ciri sebagaimana disebutkan. Tujuan yang ideal itu hendaknya ditransformasikan secara lebih operasional, baik pada tataran institusi pendidikan, kurikulum atau program, maupun pada tataran instruksional hingga lebih memungkinkan untuk dicapai.
Persoalan selanjutnya terletak pada rumusan tujuan pendidikan pada tataran empirik dan praksis pendidikan, serta keterkaitan pencapaian hasil pendidikan dengan pemenuhan kebutuhan manusia pengisi masa depan negara Indonesia. Secara operasional persoalannya dapat diungkapkan ke dalam pertanyaan sebagai berikut: (l) Adakah rumusan kriteria standar pencapaian tujuan untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan?; (2) Apakah rumusan tujuan tersebut sesuai dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat Indonesia di masa depan?; (3) Konsep strategi makro pendidikan seperti apa yang seyogianya dijadikan acuan?; dan (4) Implikasi strategis bimbingan dan konseling seperti apa yang dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pengembangan individu seperti itu?
Pertanyaan pertama lebih mengacu kepada perlunya dilakukan penelitian yang komprehensif tentang karakteristik manusia cerdas, yang menghasilkan standar-standar minimal pencapaian tujuan pendidikan untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan. Pertanyaan kedua merujuk pada pemikiran rasional yang menjelaskan dan memprediksi tentang perkembangan masyarakat Indonesia masa depan di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan bangsa lain di dunia ini. Dengan kata lain, pertanyaan kedua mengarah kepada jawaban tentang scenario masyarakat Indonesia masa depan, yang mencakup individu-individu yang bermutu sebagaimana diharapkan oleh tujuan pendidikan. Pertanyaan ketiga merupakan arahan implikatif Lagi praksis pendidikan yang berorientasi pengembangan pribadi berdasarkan skenario masyarakat yang diprediksikan. Kemudian pertanyaan keempat lebih menegaskan strategi mikro pendidikan melalui upaya bimbingan dan konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar