Jumat, 18 Oktober 2013

Manfaat Layanan Bimbingan Kelompok


 Manfaat Layanan Bimbingan Kelompok
          Menurut Prayitno (1997:83) manfaat dan pentingnya bimbingan kelompok perlu mendapat penekanan yang seksama. Melalui bimbingan kelompok siswa:
a.      Diberi kesempatan yang luas untuk berpendapat dan membicarakan berbagai hal yang terjadi di sekitarnya. Pendapat mereka itu boleh jadi bermacam-macam, ada yang positif dan ada yang negatif.
b.      Memiliki pemahaman yang objektif, tepat dan luas tentang berbagai hal yang mereka bicarakan itu.
c.      Menimbulkan sikap positif terhadap keadaan diri dan lingkungan mereka yang bersangkut-paut dengan hal-hal yang mereka bicarakan di dalam kelompok.
d.      Menyusun program-program kegiatan untuk mewujudkan penolakan terhadap yang buruk dan sokongan terhadap yang baik.
e.      Melaksanakan kegiatan-kegiatan nyata dan langsung untuk membuahkan hasil sebagaimana yang mereka programkan semula.
    Lima manfaat di atas dapat ditempa melalui dinamika kelompok di bawah bimbingan Guru Pembimbing. Apabila manfaat tersebut dapat dikembangkan maka bimbingan kelompok akan sangat efektif bukan saja bagi perkembangan pribadi, melainkan untuk kemaslahatan lingkungan dan masyarakat.
    Selanjutnya manfaat bimbingan kelompok menurut Dewa Ketut Sukardi (1994:444) adalah dapat mengungkapkan aspek-aspek kepribadian yaitu:
a. Berani berbicara di depan umum
b. Dapat mengemukakan pendapat
c. Dapat menanggapi pendapat orang lain
d. Tenggang rasa dalam berbicara dan menghargai pendapat orang lain
e. Mampu mengendalikan diri dan menahan emosi
  Berdasarkan pendapat di atas dapat simpulkan bahwa manfaat  bimbingan kelompok adalah; 1). diperolehnya informasi dan pemahaman baru dari topik bahasan dari berbagai aspek kehidupan, 2). upaya pengembangan diri atau pribadi, diantaranya berani berbicara di muka umum, berani menanggapi pendapat orang lain, berani mengemukakan pengalamannya, berani mengemukakan ide dan gagasan barunya, mampu bertenggang rasa dan berkembangnya minat, bakat yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar