Rabu, 16 Oktober 2013

Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok


Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
di SMP Negeri 3 Sukowono Jember
Dr. Suko Budiono,M.Pd.,Kons
Email : mbahuko@yahoo.co.id
             Kata kunci : Ragam Budaya, Bimbingan Kelompok, Pengendalian Diri

Ragam budaya dalam layanan bimbingan kelompok belum menunjukan adanya upaya pengendalian diri para anggota kelompok, diantaranya adalah mengemukakan pendapat dengan suara yang keras, tidak mau mendengar pendapat teman dan marah apabila pendapatnya di kritik. Dalam Bimbingan dan Konseling, salah satu layanan yang dapat melatih sikap dan perilaku siswa terutama ketika mengemukakan pendapat, menanggapi pendapat, menerima kritikan dan bersikap serta berperilaku adalah Layanan Bimbingan Kelompok. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pendapat siswa terhadap pengendalian diri dalam Bimbingan Kelompok ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan pendapat siswa tentang manfaat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pengendalian diri. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Sukowono Jember yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok, yaitu kelas VII,VIII,IX yang berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument yang berbentuk angket berupa pernyataan sebanyak 48 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa siswa SMP Negeri 3 Sukowono Jember berpendapat layanan bimbingan kelompok bermanfaat bagi mereka dalam upaya pengendalian diri ketika menerima kritikan, mengemukakan pendapat, bersikap dan berperilaku serta menanggapi pendapat. Manfaat yang paling dirasakan siswa adalah pada pengendalian diri ketika menerima kritikan. Oleh karena itu, disarankan kepada siswa yang belum merasakan manfaat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pengendalian diri, supaya bersungguh-sungguh untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok. Selain itu, Guru BK juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan materi pengendalian diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar